Makna Besar Hari Pahlawan Bagi SCC

14:39 PM - 10 Nov 2018
Makna Besar Hari Pahlawan Bagi SCC

JAKARTA- 10 November hari yang identik dengan hari pahlawan. Pahlawan, kata yang yang berasal dari kata bahasa Sansekerta. Kata phala-wan berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara dan agama. Jadi semua dari kita bisa menjadi pahlawan, tentunya jika merunut dari asal muasal kata Pahlawan. Orang-orang tersebut adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata pahlawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dimaknai sebagai orang yang berjuang dengan gagah berani dalam membela kebenaran

 Sejarah hari pahlawan merujuk pada terjadinya pertempuran besar yang melanda kota Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Perang ini terjadi paska kemerdekaan dan memakan jumlah korban yang banyak sekali.

Pertempuran saat itu banyak menggambarkan kobaran semangat para pejuang yang telah menjadi pahlawan bagi bangsa Indonesia. Betapa tidak ditengah ancaman melalui ultimatum tanggal 9 November 1945 9 November 1945, Mayor Jenderal Robert Mansergh, seorang Panglima Divisi Infantri India ke-5, mengeluarkan ultimatum melalui selebaran udara kepada warga Surabaya. Sekutu menuntut agar semua senjata yang dipegang warga Surabaya diserahkan kepada tentara Sekutu sebelum pukul 06.00 pagi pada hari berikutnya. Hal ini juga menandai menyerahnya Indonesia kepada pihak sekutu.

Persenjataan infantri Inggris berupa senapan mesin, mortir, satu eskadron tank Stuart, 21 tank Sherman dan Bren Carrier. Artileri Sekutu juga dilengkapi meriam 25 pound dan Howitser 3,7. Kemudian, juga ada meriam kapal Cruiser Sussex dan 4 Destroyer. RAF menyediakan 12 Musqoito dan Thunderbolt dengan bom-bom seberat 500 pounds.

kutipan:
https://nasional.kompas.com/read/2018/11/09/10380281/9-november-1945-ultimatum-sekutu-picu-pertempuran-dahsyat-di-surabaya


Sungguh sangat luar biasa semangat berjuang rakyat Surabaya hingga mengorbankan ribuan jiwa dan di pihak Inggris tercatat Pihak Inggris pun kehilangan 2 jenderal dan lebih dari 414 perwiranya tewas.

 

Makna Hari Pahlawan Bagi SCC

 

Bagi SCC (Social Company Community) tanggal 10 November sudah tentu menjadi tanggal yang memiliki makna besar. 10 November 2011 menjadi tonggak bersejarah dikarenakan lahirnya SCC dengan berbagai latar belakang dan asa untuk bangsa kedepan.

SCC lahir di hari yang sama dengan Hari Pahlawan diharapkan memiliki nilai filosofi kesemangatan yang sama heroiknya seperti pertempuran Surabaya 1945. Heroiknya pertempuran saat ini bisa dikatakan tak terlihat namun bisa dirasakan. Konsumerisme menjadi lawan yang nyata dirasakan dan diharapkan menjadi musuh bersama bangsa ini.Pejuang-pejuang SCC dalam gerak langkah yang seirama terus mengajak khalayak umum menangkal konsumerisme dan bersama-sama aktif menggelorakan gaya hidup produktif dengan menjadi seorang investor.

Konsumerisme saat ini seperti sekutu mengultimatum para pejuang dan rakyat  tahun 1945 di Surabaya. Konsumerisme mencoba melemahkan kita semua dan kita tidak pilihan untuk bangkit melawan seperti pejuang melawan para sekutu .

Selamat hari Pahlawan bagi kita semua bangsa Indonesia. Semoga apa yang telah diperjuangkan para pahlawan selama ini tidak sia-sia dan terus dirawat untuk kemaslahatan bangsa.  

Selamat hari lahir SCC yang ke-7, lahirnya SCC yang muncul disebabkan ultimatum konsumerisme yang sudah sangat miris dan harus segera diredam dengan gaya hidup produktif hingga bangsa terhindarkan dari dampak negatif konsumerisme. (Iska-MC)

Bagikan: