Perapihan Jelang Ekspansi 2020, Ini Kata CEO SCC

Dilihat: 111 kali | 11:19 AM - 10 Nov 2019
Perapihan Jelang Ekspansi 2020, Ini Kata CEO SCC
Bagikan:

JAKARTA- SCC dalam perjalanannya terus mengalami dinamika layaknya perusahaan lain yang menuju proses tumbuh kembang. Tercatat mulai bergerak dari tahun 2012 hingga kini memiliki gambaran pasang surut yang masih relevan dengan arah kesemangatan untuk dapat terus maju. Hari ini 10 November 2019 edisi milad SCC yang ke delapan dan jadi momen refleksi kilas balik juga untuk gagasan kedepan dalam perahu yang akan terus berlayar arungi lautan penuh ombak dan tantangan.

Walaupun 2012 menjadi tonggak lahirnya SCC, ada catatan menarik yang diurai oleh CEO SCC Andi Taufik Yusuf saat ditemui di Graha Mandiri Kantor SCC Jakarta (04/11/2019) usai memberikan arahan khusus ke pejuang SCC Jakarta jelang ekspansi  SCC 2020 . “ SCC lahir di tahun 2012 namun Kami melihat proses ekspansi itu mulai di Bogor tahun 2015 . Setelah Aparkost Pertama di Makassar dengan mencatat 263 unit habis terjual dalam waktu 3 bulan maka diputuskan ekspansi dan Bogor menjadi Aparkost pertama diluar Makassar. Tercatat projek terakhir yang dikembangkan  ,” Kata Taufik membuka sesi wawancara. Jadi bisa disimpulkan ekspansi terakhir terjadi di awal 2017 selebihnya bisa dibilang jalan ditempat dan hanya me-maintance aset yang sama.

Harapan untuk tumbuh dan berkembang masih terus digelorakan SCC karena torehan masa lalu bisa menjadi tolak ukur agar bisa lebih maju lagi. “ Kita ingin menutup lembaran lama dan membuka lembaran baru. Kenapa kita harus berjalan ditempat ? mari kita selesaikan semua hal yang tak produktif dengan baik, baik itu internal maupun eksternal karena akhir tahun ini menuju 2020 kita akan kembali ekspansi,’ Kata Taufik.



Jelang ekspansi ada langkah-langkah maupun strategi yang ingin diterapkan dan untuk itu akan diterapkan kebijakan berbeda di masing-masing Divisi. Berikut ini Divisi dan kebijakan yang alami proses perapihan :

1.   Divisi Pembangunan

-          Perubahan drastis di struktur

-          Kerjasama dengan mitra

-          Pengetatan SOP yang intens

 

2.   Divisi Bussiness Development

-          Intensifikasi penggunaan aplikasi dalam rangka kemudahan pengelolaan investor dan penjualan unit

-        Semua komunikasi tidak lagi dilakukan di group tetapi melalui aplikasi. Untuk memudahkan investor SCC telah menggandeng pengembang aplikasi dari Malaysia versi android untuk aplikasi investor dan dalam waktu dekat sudah bisa digunakan.

-        Strategi pemasaran dibuat spesifik untuk pemasaran unit.

 

3.     Divisi keuangan

-   Perapihan dan penggunaan   aplikasi. Karena aplikasi kita terintegrasi ke empat divisi yaitu pembangunan, keuangan, MGMT dan Bisnis Development.

-        Penyempurnaan struktur agar pekerjaan dengan workflow-nya lebih rapih.

“ Saya mendorong intensifikasi penggunaan aplikasi dalam rangka ekstraksi data dan informasi yang cepat dalam rangka pengambilan keputusan yang cepat dan dengan satu kali klik kita bisa melihat data yang diinginkan,” Kata Taufik

 

4.     MGMT

-        Perubahan struktur dengan munculnya posisi General Supervisor perwilayah untuk memastikan pengelolaan yang lebih baik.

“ Dahulu setiap staff bisa langsung berhubungan dengan GM Nasional sekarang di setiap lokasi akan ada General Supervisor dan menjadi penanggung jawab wilayah. GM Nasional saat ini fokus membuka kerjasama dengan pihak ketiga guna peningkatan okupansi,” Kata Taufik

Selain empat Divisi diatas ada dua divisi lagi yang juga alami perapihan yaitu HR dan GA serta Corporate Culture.

Perapihan untuk Divisi HR dan GA meliputi perapihan SOP (Standart Operational Prosedure ), pengeluaran terkait  Kepatuhan SOP. Kedepan akan dikeluarkan sebuah sistem penilaian kinerja berbasis harian, mingguan dan bulanan di waktu dekat ini dan juga dorongan pengelolaan keperluan-keperluan umum yang lebih efisien.

Corporate Culture menjadi divisi yang dalam tahap pengembangan serius dalam hal pembangunan budaya dan karakter korporat. Kondisi ini memerlukan waktu khusus dan jadi pembahasan dalam waktu dekat untuk menentukan secara spesifik apa yang tepat untuk SCC dan mekanisme sistem monitoring guna mengetahui tercapainya budaya yang diinginkan.

 

Informasi tambahan untuk IDO yang berada di Divisi Bussiness Development pada awalnya memiliki tugas :

1.       Memasarkan unit

2.       Maintenance investor (handling Complaint dan handling investor relation)

Seiring dinamika yang berjalan dalam satu tahun ini (2019) tidak didorong untuk memasarkan unit karena tidak ada proyek baru yang dipasarkan. “ Struktur di Bussines Development sudah matang dan kali ini marketing (pemasaran langsung)tidak ada karena kita akan kerjasamakan dengan pihak ketiga.Marketing manager bertugas membuka kerjasama pihak ketiga (broker) karena lebih efektif dan efisien.”tambah Taufik

Hal yang menarik dan penting dilakukan Kedepan akan ada perubahan sistem kerjasama antara SCC dengan vendor atau pihak ketiga. Mekanisme pemilihan vendor tentunya akan masuk ke sistem yang lebih professional. Sistem lama lebih banyak memunculkan permasalahan karena banyak faktor yang jauh dari ideal. Sekarang semua alami pengetatan  dalam proses seleksi yang harus beriring  dengan kapasitas kemampuan finansial serta pada tempatnya. SCC akan selalu pada jalurnya yang sesuai koridor dalam hal kerjasama dan ini sudah efektif berjalan dari Oktober 2019 sebagai bagian ketegasan SCC,” Pungkas Taufik   (Isk/Togi/MCCC)

 

“ Kita ingin menutup lembaran lama dan membuka lembaran baru. Kenapa kita harus berjalan ditempat ? mari kita selesaikan semua hal yang tak produktif dengan baik, Baik itu internal maupun eksternal karena akhir tahun ini menuju 2020 kita akan kembali ekspansi”

  Andi Taufik Yusuf

CEO SCC Investment Corp.

 Lembaran lama yang ingin kita tutup adalah masalah-masalah yang menyebabkan kita selama tiga tahun ( 2017 awal dan 2019 tidak ekspansi proyek baru. Hal ini disebabkan oleh adanya pihak-pihak yang kemudian gagal menjaga amanah yang diberikan dan akhirnya memberikan dampak menyebar dan berkepanjangan dalam perjuangan kita ini. Inilah yang ingin kita tutup, selesaikan dan move on di tahun 2020.

Kami ingin mengajak seluruh elemen untuk terus Semangat YEP !!! khususnya dalam melaksanakan hal-hal yang akan diimplementasikan di akhir tahun ini menuju SCC dengan visi besar dan mulia akan terus maju dengan izin Allah, Insya Allah.

Unique Visitor Count: 2564
powered by WASD Labs © SCC Investment Corporation All Rights Reserved.
find us: